5 Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop, Gampang Banget!


Keyboard laptop adalah bagian yang kecil tapi penting. Makanya sebisa mungkin harus tetap bersih supaya tetap nyaman dan lancar digunakan.

Karena bentuknya yang kecil maka musuh utama keyboard laptop adalah ketumpahan air, tapi hal ini tentu tergantung pada kehati-hatian si pengguna.

Nah selain air, ada hal yang juga menjadi tantangan keyboard laptop yaitu terkena bentuk yang gak kasatmata, yaitu hantu debu. Karena ga kelihatan itulah debu seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang, kecuali debu-debu intan Saint Seiya.

Tapi kalau debu yang menutupi sela-sela keyboard dibiarkan begitu saja tentu ga baik ya, apalagi semakin lama semakin banyak dan bisa mengganggu kinerja kita saat bekerja menggunakan laptop dan bisa konslet juga lho.

So, mulai sekarang rajin bersihin debu pada keyboard ya.

Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop


1. Matikan Laptop

Matikan laptop terlebih dahulu sebelum membersihkan keyboard karena laptop yang menyala bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan misalnya terhapusnya file karena tombol keyboard tidak sengaja terpencet. Jangan lupa juga cabut kabel power jika masih menancap di lubang pengisian daya.

2. Letakkan Laptop dalam Kondisi Terbalik
Secara berhati-hati balik laptop sehingga keyboard menghadap ke bawah supaya kotoran dan debu mudah keluar dari sela-sela keyboard.

3. Gunakan Vacuum Cleaner
Jika memiliki vacuum cleaner gunakanlah untuk menyedot debu yang terperangkap dalam keyboard. Tapi ga usah yang besar ya, cukup yang portable atau yang kecil aja. Kalau terlalu besar bisa-bisa laptopnya yang kesedot 🤣.

4. Gunakan Brush/ Kuas Makeup Bekas
Kalau punya brush atau kuas khusus untuk membersihkan keyboard laptop ya lebih baik, tapi kalau ga ada bisa pakai brush bekas makeup atau kuas bekas melukis. Please ijin dulu sama yang punya kalo bukan milik pribadi.

5. Gunakan Lap Microfiber
Yang terakhir setelah membersihkan dengan kuas adalah gunakan lap dari serat lembut atau microfiber *jangan pake lap bekas kolor. Lap berfungsi menghilangkan kotoran yang ga tersapu oleh kuas atau disedot vacuum cleaner. Usahakan juga lapnya khusus untuk bersih-bersih alat elektronik ya, jangan kecampur sama lap kompor apalagi lap toilet #iyuh 😆.


Demikian cara aman membersihkan keyboard laptop. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

8 Comments

  1. Sering melakukan no. 1 dan 3 heuheu, biar laptopnya kinclong gak ada debu..

    ReplyDelete
  2. Makasih tipsnya Mba, wuih ini ya blog barunya. Selamat

    ReplyDelete
  3. Matur nuwun tipsnya. Tapi ga punya penyedot debu. Gantinya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake kuas aja mba biar bisa menjangkau sela2

      Delete
  4. Baru ngeh kalo kuas make up bisa ya. Tp suka sayang euy. Hahaha. Selama ini bersihin pake cotton bud tp krg puas. Boleh lah pankapan dicoba

    ReplyDelete
  5. Terima kasih infonya, kalau pakai slime gitu bersih nggak ya hihi..

    ReplyDelete
  6. Oo.. Caranya harus dibalik gitu ya? Baru tau aku. Aku kalau bersihin ya posisi biasa aja. Agak ribet ga sih bersihinnya kalo dijungkir?

    ReplyDelete