5 Makanan Sehat yang Bisa Kurangi Gejala Asma

5 Makanan Sehat yang Bisa Kurangi Gejala Asma
Asma adalah penyakit penyempitan dan peradangan saluran pernapasan, yang ditandai dengan sulit bernapas, batuk dan gejala-gejala lain yang dipicu oleh satu atau beberapa allergen.

Tubuhmu bukan barang yang bisa kau gunakan, lalu kau buang kemudian, tapi, tubuhmu adalah sesuatu yang harus kau jaga, agar bisa kau gunakan dengan baik, untuk selama-lamanya, setuju gak guys? Jadi, ketika tubuh kita sehat, kita harus selalu menjaganya, sedangkan ketika kita sakit, kita harus mencari berbagai cara, untuk mengobati dan mencegahnya, agar tidak kambuh lagi. Seperti seorang penderita asma, yang sering mengalami kekambuhan.

Asma adalah penyakit penyempitan dan peradangan saluran pernapasan, yang ditandai dengan sulit bernapas, batuk dan gejala-gejala lain yang dipicu oleh satu atau beberapa allergen. Pada umumnya, serangan asma bisa segera diatasi dengan inhaler atau obat cadangan di rumah, namun, semakin lama, serangan tersebut semakin kuat dengan intensitas yang semakin meningkat, bahkan bisa mengancam nyawa lho. Ngeri, kan?

Serangan asma bisa kambuh sewaktu-waktu, sehingga, sangat mengganggu aktivitas si penderita. Nah, berikut, 5 makanan sehat untuk mengurangi gejala serangan asma. Yuk, mulai hidup sehat untuk lawan penyakit.

Ikan salmon

Ikan salmon sarat dengan nutrisi yang dapat mengurangi faktor risiko sejumlah penyakit, salah satunya penyakit asma. Ikan salmon mengandung vitamin D dan magnesium, yang dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Selain itu, ikan yang satu ini, juga kaya akan asam lemak omega-3, yang berperan sebagai anti inflamasi, sehingga dapat mengurangi serangan asma.

Wortel

Ternyata wortel tidak hanya bagus untuk merawat kesehatan mata, kandungan vitamin A yang tinggi dalam wortel, juga berhubungan dengan peningkatan fungsi paru-paru. Beta karoten dan vitamin C dalam wortel, juga berperan menjaga daya tahan tubuh, sehingga bisa mencegah serangan asma.

Apel

Apel mengandung anti oksidan yang dapat melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif, namun, tak hanya daging buahnya, kulit apel juga mengandung quercetin flavonoid yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi peradangan, pada saluran pernapasan.

Pisang

Pisang mengandung antioksidan dan kalium serta magnesium, yang dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Zat lain yang terkandung dalam buah pisang adalah pyridoxine atau vitamin B6, yang berperan dalam mengatur pelemasan jaringan otot polos pada bronkus, sehingga dapat mengurangi penyempitan pada saluran pernapasan.

Bayam

Bayam merupakan sayuran yang kaya magnesium, sehingga, mampu meningkatkan fungsi paru-paru. Selain itu, bayam juga memiliki kandungan beta karoten, vitamin C dan E, serta kalium, yang mampu membantu menjaga daya tahan tubuh, dan berperan sebagai antioksidan.

Menurul ilmu medis, penyakit asma memang tak bisa disembuhkan, tetapi, bisa di kontrol intensitas serangannya, agar semakin berkurang, atau bahkan menghilang. Kesembuhan bukan hal yang mustahil, jika penderita, disiplin menerapkan gaya hidup sehat, dengan pola makan gizi berimbang dan olah raga rutin. Jadi, jangan mau kalah dengan penyakit ya guys.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here