Cara Backup Data Xiaomi Tanpa Laptop/PC + Restore

Setiap orang memiliki data-data penting yang harus dijaga karena jikalau hilang mungkin akan memengaruhi aktifitas kita sehari-hari.
Melakukan backup data merupakan salah satu solusi untuk mengamankan data-data itu agar tetap aman.

Mungkin jika hanya foto, video, dokumen word atau pdf bisa dilakukan backup manual, tapi jika termasuk backup setelan sistem, informasi akun dan apl apakah mudah bagi orang awam mem-backupnya?

Selain itu, jika kamu suka mengoprek-oprek hp xiaomi, pasti sudah taka sing dengan istilah ‘bootloop’.
Jika mengalami hal ini, yang biasa dilakukan orang-orang adalah flashing. Sudah tau sendiri kan flashing dapat menghapus / wipe data yang ada di ponsel kita sehingga setelah melakukan flashing, hp akan terasa baru seperti awal membeli.

Begitupun masalah-masalah yang biasa menimpa xiaomi seperti ikon headset muncul terus, kontak tidak muncul, overlay aplikasi hilang, dsb. Biasanya kalaa udah mentok, pengguna bakal memilih flashing sebagai solusi terakhir mereka.

Lalu setelah flashing, bagaimana cara mengembalikan/restore nya? Kalau kamu belum membackup di mi cloud, ya wasallam. Data tidak bisa dikembalikan/restore lagi.

Nah, di UI xiaomi sendiri (read:MIUI) diberikan fitur untuk melakukan backup data sehingga tidak perlu risau untuk mengamankan data-data pribadi. Jadi Ketika ada masalah, tetap santai meskipun dilakukan flashing karena data sudah diamankan di ‘awan’ ataupun di external sd card.

Bagi kamu yang males backup data xiaomi ke komputer atau laptop, kamu bisa menggunakan fitur backup dari xiaomi atau menggunakan mi cloud. Jadi praktis lewat gawai xiaomi kamu.

Cara Backup Data Xiaomi Tanpa PC /Laptop

Cara backup data xiaomi tanpa laptop yang pertama adalah dengan menyimpan datanya dalam benuk folder. Nanti setelah data terbackup, data backup akan tersimpan di memori internal.
Berikut Langkah-langkahnya :

1. Masuk ke pengaturan, pilih setelan tambahan dan pilih Buat cadangan & setel ulang dan kemudian pilih cadangan lokal.

2. Klik cadangkan.

3. Lalu tekan sistem ataupun apl terserah ditujukan jika kamu ingin memilih apa saja yang mau di backupnya. Jika setuju untuk di backup silahkan centang. Tekan OK

4. Jika sudah dipilih mana saja yang akan dibackup silahkan tekan cadangkan dan tunggu prosesnya hingga selesai.

5. File yang sudah di backup tadi berada pada penyimpanan internal -> folder MIUI -> Backup -> AllBackup.

Catatan: lebih baik folder hasil backup tadi di copy juga ke komputer atau laptop ataupun google drive untuk menghindari terhapusnya jika tersimpan di ponsel. Atau bisa juga di external sd card

Cara Restore Data Xiaomi Tanpa PC / Laptop

Nah habis backup, berikut cara restore data xiaomi hasil backup :

1. Masuk ke pengaturan, pilih setelan tambahan dan pilih Buat cadangan & setel ulang dan kemudian pilih cadangan lokal.

2. Akan terdapat list file yang telah dibackup silahkan tekan file tersebut

3. Tekan sistem ataupun apl jikalau ada yang tidak ingin kamu restore datanya. Tekan ok .

4. Setelah itu tekan restore dan tunggu proses restore datanya.

5. Kini data kamu sudah kembali.

Cara Backup Data Xiaomi Menggunakan mi cloud


Nah, kalua yang ini adalah cara backup data xiaomi ke mi cloud (awan). Jadi data kamu akan terunggah ke penyimpanan database xiaomi. Tapi ekkuarangan backup data xiaomi ke mi cloud adalah kapasitas memri yang terbilang Kecil, hanya 5gb.

1. Pertama masuk ke pengaturan dan pilih Akun mi dan pilih Mi cloud

2. Di bagian menyinkron item silahkan pilih item yang akan kamu cadangkan ke mi cloud secara otomatis, tekan item tersinkron lainnya untuk melihat lebih banyak. Misalkan memilih galeri.

3. Tekan galeri lalu aktifkan otomatis cadangkan dan pengaturan bawahnya bisa kamu sesuaikan.

4. Pastikan juga untuk selalu mengaktifkan sinkronisasi di ponsel kamu agar mi cloud bisa mencadangkan otomatis

Kini ketika kamu habis install ulang/flashing ponsel xiaomi ataupun mengganti ponsel, data-data kamu yang telah di backup bisa dipulihkan. Lebih enak jika data dibackup secara berkala atau bisa menggunakan mi cloud dengan settingan backup otomatis agar menghindari jika sewaktu-waktu ponsel kita bermasalah dan mengurangi risiko kehilangan data.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here