Cara Mengatasi Lupa Password Pada Windows

Cara Mengatasi Lupa Password Pada Windows. Lupa password memang kerap kali dialami oleh setiap orang. Pasalnya hal ini sering terjadi karena banyaknya akun yang dimiliki oleh para users. Terlebih lagi jika Anda lupa dengan password ketika akan membuka laptop atau PC yang Anda miliki, pastinya paniknya gak kebayang bukan? Apalagi ada pekerjaan yang sedang menunggu untuk diselesaikan, tapi ternyata Anda malah lupa password pada Windows.

cara mengatasi lupa password pada Windows

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa keamanan merupakan hal yang paling nomor satu yang perlu diperhatikan bagi para pengguna perangkat baik itu smartphone maupun laptop ataupun PC. Hal ini dikarenakan ketika Anda menggunakan password sebagai kode keamanan ketika akan membuka sebuah perangkat, maka dapat dipastikan tidak akan ada sembarang orang ataupun hacker yang bisa membuka bahkan meretas perangkat Anda. Apalagi di dalamnya terdapat data-data penting yang sangat rahasia.

Namun sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya bahwa salah satu yang paling sering terjadi ketika menggunakan password sebagai kode keamanan yaitu lupa password. Nah bagi Anda yang sedang mengalami hal itu saat ini, tak perlu panik ataupun khawatir karena dalam ulasan kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi lupa password pada Windows yang perlu Anda ketahui. Mari kita kupas secara tuntas di bawah ini!

Melalui Password Hint

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengatasi lupa password  pada Windows yaitu dengan menggunakan password hint. Nah, perlu Anda ketahui bahwa password hint bukanlah password yang Anda buat sebenarnya ketika akan membuka PC ataupun laptop yang Anda miliki. Namun password hint ini merupakan suatu petunjuk yang akan mengarahkan Anda untuk menuju password yang telah dibuat sebelumnya. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus dilewati!

  • Nyalakanlah PC ataupun Laptop Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa mengatasi lupa password pada Windows dengan menggunakan password hint yaitu dengan menyalakan PC ataupun laptop Anda terlebih dahulu. Setelah PC/laptop Anda nyala, maka tentunya untuk membuka tampilan utama dari desktop maka Anda harus memasukan password terlebih dahulu. Nah, karena disini Anda sedang lupa password maka langsung saja untuk mengklik ikon tanda panah yang ada dalam tampilan tersebut.

  • Memasukkan Password Hint

Apabila Anda telah mengklik ikon tanda panah, maka Anda akan diminta untuk memasukkan password hint yang pernah dibuat sebelumnya. Dalam hal ini Anda diharuskan untuk mengingat-ingat password yang menurut Anda cocok dengan hint yang telah disediakan. Kemudian klik tombol Enter. Jika Anda sudah ingat dengan passwordnya telah dibuat sebelumnya, maka tugas Anda yaitu tinggal memasukkan password ke dalam kotak yang tersedia.

Mereset Password Disk

Selain bisa menggunakan password hint yang telah kita bahas sebelumnya, cara mengatasi lupa password  pada Windows lainnya yaitu dengan mereset password disk. Namun untuk bisa melakukan cara yang satu ini Anda harus mempunyai file userkey.psw yang biasanya tersimpan dalam media penyimpanan eksternal baik itu flashdisk maupun media penyimpanan eksternal lainnya.

Apabila Anda masih belum mengetahui cara yang harus dilakukan untuk membuat password disk. Berikut ini cara-cara yang harus dilakukan, diantaranya yaitu:

  • Hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mengklik menu User Accounts yang ada di dalam menu Control Panel laptop ataupun PC yang Anda miliki
  • Hubungkanlah media penyimpanan eksternal Anda ke dalam PC/laptop.
  • Jika Anda sudah berada di halaman menu User Accounts maka pilihlah tombol ‘create a password reset disk
  • Apabila sudah, maka Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang telah diarahkan oleh program yang ada di dalam Forgotten Password Wizard
  • Kemudian simpanlah reset password disk tersebut ke lokasi yang telah Anda pilih.

Memang terbilang cukup ribet ya? Nah jika Anda sudah memiliki password disk, lalu bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan ketika lupa password  pada Windows melalui reset password disk? Inilah langkah-langkah yang harus dilakukan!

  • Hubungkan Media Penyimpanan Eksternal dengan PC/Laptop

Langkah yang paling utama ketika ingin mengatasi lupa password dengan menggunakan password disk yaitu dengan menghubungkan media penyimpanan eksternal dengan PC/laptop. Disini kami menyarankan untuk menggunakan flashdisk sebagai media penyimpanan eksternal karena cara-caranya terbilang cukup mudah. Selain itu, flashdisk pun mudah untuk ditemukan dimana-mana. Langkah ini harus Anda lakukan sebelum menyalakan laptop/PC Anda.

  • Nyalakan Laptop/PC

Setelah anda menghubungkan flashdisk dengan laptop/PC, maka langkah selanjutnya untuk mengatasi lupa password  pada Windows melalui password disk yaitu dengan menyalakan laptop/PC. Kemudian ketika Anda diminta untuk memasukkan password maka Anda langsung mengklik ikon tanda panah yang tersedia.

  • Klik Tombol ‘Reset Password’

Apabila Anda sudah mengklik ikon tanda panah, maka disini Anda akan diberikan pilihan untuk menggunakan ‘password hint’ atau ‘reset password’. Karena dalam hal ini. Anda akan menggunakan reset password disk, maka klik tombol ‘reset password’. Kemudian ikutilah langkah-langkah yang diarahkan oleh Password Reset Wizard.

Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka Anda tinggal memilih flashdisk yang di dalamnya telah ada file userkey.psw. Lalu langkah selanjutnya yaitu harus membuat password yang baru untuk bisa masuk atau login lagi. Apabila telah selesai maka klik tombol ‘finish’. Cukup mudah bukan cara untuk mengatasi lupa password pada Windows melalui reset password disk. Intinya, ketika ingin menggunakan cara ini Anda harus membuat terlebih dahulu password disk-nya.

Install Ulang Windows

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi lupa password pada Windows yaitu dengan menginstall ulang Windows. Cara yang satu ini merupakan suatu cara yang paling ampuh ketika Anda sudah tidak bisa melakukan kedua cara yang telah dijelaskan sebelumnya baik itu dengan menggunakan password hint ataupun dengan menggunakan reset password disk.

Ketika mengatasi lupa password  pada Windows dengan cara menginstall ulang Windows ini harus dilakukan oleh orang yang telah paham akan hal ini. Sehingga tidak akan ada kesalahan yang bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti contohnya yaitu kehilangan berbagai data penting, dimana yang seharusnya data tersebut diamankan tapi malah hilang karena disebabkan oleh ketidaktelitian pada saat menginstall ulang Windows

Mungkin itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengatasi lupa password  pada Windows. Cara-cara tersebut sebenarnya bisa lakukan Anda sendiri, karena saat ini banyak sekali media yang menginformasikan hal tersebut. Nah untuk menghindari hal tersebut terjadi lagi, maka tulislah kode keamanan atau password laptop/PC Anda di dalam sebuah buku catatan atau apapun itu. Sehingga ketika Anda lupa, masih ada catatan yang bisa Anda buka kembali untuk mengingat password laptop/PC.

Semoga artikel saya mengenai cara mengatasi lupa password pada Windows ini bisa bermanfaat untuk Anda ya! Apabila ada pertanyaan silahkan bertanya dikolom komentar

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here